Berita Terkini, Kriminal, Dunia dalam Berita, Info Bola, Kesehatan, Politik, Warta Hari Ini, Terbaru, Politik Terbaru, Olahraga, Ekonomi, Budaya, Politik Terkini

OKI Berupaya Hentikan Kerusuhan Sektarian di Irak Jeddah, Arab Saudi

OKI Berupaya Hentikan Kerusuhan Sektarian di Irak Jeddah, Arab Saudi. Prakarsa tersebut, yang disebut Dokumen Mekah, akan dibicarakan pada pertemuan dua hari di kota paling suci Islam itu 19-20 Oktober, sekretariat organisasi di kota Saudi barat itu mengatakan, Ahad. Organisasi Konferensi Islam (OKI) yang memiliki 57 anggota mensponsori prakarsa ulama Muslim Syiah dan Sunni Irak untuk menghentikan pertumpahan darah sektarian yang meningkat antara kedua masyarakat itu.

"Dokumen itu akan melancarkan seruan pada seluruh rakyat Irak, mengemukakan pada mereka sikap Islam mengenai penumpahan darah Muslim dan meminta pada mereka agar menghormati prinsip-prinsip Islam yang berlaku." "OKi merasakan pentingnya untuk melancarkan prakarsa yang ditujukan untuk menghentikan hasutan itu...dan tumpahnya darah umat Muslim di Irak," kata satu pernyataan, sebegaimana dilaporkan AFP.

Proposal itu disusun pada pertemuan dua hari yang ditutup di Jeddah, Ahad. Sekjen OKI, Ekmeleddin Ihsanoglu< memimpin pertemuan yang dihadiri oleh empat ulama Irak yang diambil dari dua aliran Muslim itu. Pada Juli, OKI mengumumkan telah membentuk komite khusus setingkat menteri untuk menindaklanjuti perkembangan di Irak.

OKI Berupaya Hentikan Kerusuhan Sektarian di Irak Copyright Antara News 2006, Oktober 2006.

Berita Terhangat