Berita Terkini, Kriminal, Dunia dalam Berita, Info Bola, Kesehatan, Politik, Warta Hari Ini, Terbaru, Politik Terbaru, Olahraga, Ekonomi, Budaya, Politik Terkini

Gelombang Pasang Masih Terjadi di Pantai Selatan Cilacap Cilacap

Gelombang Pasang Masih Terjadi di Pantai Selatan Cilacap Cilacap. Dia meminta kalangan nelayan agar tidak melaut terlebih dahulu sebelum ada informasi dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG). Gelombang pasang di pantai selatan Cilacap diprediksikan masih akan terjadi hingga pekan depan, kata Kepala Stasiun Meteorologi Cilacap, M. Budi Anggono.

Menurut dia, di Cilacap, Sabtu, diprediksikan hari ini (Sabtu-red) ketinggian ombak di pantai Cilacap masih mencapai 2,3 meter dan di tengah mencapai 3 meter, namun masih lebih rendah dibandingkan Jumat (18/5).

"Mudah-mudahan dalam dua hingga tiga hari ke depan mulai surut. Peristiwa yang terjadi hari Jumat merupakan akumulasi dari angin timuran yang cukup kuat, lama, dan cakupan areanya cukup luas. Kondisi itu dapat menimbulkan gelombang yang cukup tinggi," katanya.

Ia berharap dua hingga tiga hari mendatang kondisi ekstrim seperti kemarin dapat berkurang, meskipun angin timuran masih akan berlangsung lama sesuai kondisi iklim Indonesia yang sedang memasuki musim kemarau.

Seorang nelayan, Suroso, mengatakan, dirinya hanya nelayan kecil yang menggunakan dayung saat melaut sehingga khawatir jika tiba-tiba terjadi gelombang tinggi lagi. Sementara itu nelayan di sepanjang pantai selatan Cilacap, khususnya di wilayah Teluk Penyu hingga pukul 10.30 WIB masih banyak yang menambatkan perahunya di daratan. Mereka khawatir akan terjadi lagi bencana tsunami seperti tahun 2006.

Jika masih berada di tengah laut, gelombangnya tak begitu terasa namun kalau di tepian justru gelombangnya lebih tinggi, katanya. Menurut dia, ombak yang terjadi hari Jumat kemarin ketinggiannya mencapai 3-4 meter. "Kebetulan kemarin nelayan kecil tidak melaut karena berdasarkan kepercayaan turun temurun, setiap Jumat Kliwon nelayan tidak boleh melaut. Kalau melaut paling-paling di atas pukul 14.00 WIB," kata dia.

Gelombang Pasang Masih Terjadi di Pantai Selatan Cilacap Copyright Antara News 2007, Penulis Bambang, Mei 2007.

Berita Terhangat