Berita Terkini, Kriminal, Dunia dalam Berita, Info Bola, Kesehatan, Politik, Warta Hari Ini, Terbaru, Politik Terbaru, Olahraga, Ekonomi, Budaya, Politik Terkini

UI Bentuk "Zaken Kabinet" Depok

UI Bentuk "Zaken Kabinet" Depok. "Pembentukan zaken kabinet itu untuk meningkatkan kinerja UI," kata Rektor UI Prof Dr der Soz Gumilar R. Somantri di Depok, Kamis. Universitas Indonesia (UI) membentuk apa yang disebut sebagai "zaken kabinet" atau "kabinet ahli" untuk meningkatkan kinerja di lingkungan perguruan tinggi negeri tersebut

Dalam pergantian posisi itu juga terjadi perubahan wajah untuk jabatan Wakil Rektor (Warek). Pada masa pimpinan rektor sebelumnya, Prof Usman Chatib Warsa, jabatan warek dipegang dua orang. Menurut dia, sebanyak 13 posisi pimpinan diganti dengan yang baru. Mereka antara lain terdiri atas tiga jabatan wakil rektor (warek) dan 10 direktur.

Ketiga warek baru itu adalah Dr Muhammad Anis, Warek Bidang Akademik dan Kemahasiswaan menggantikan Prof Dr Soetanto Soehodo, Tafsir Nurchamid MSi Warek Bidang SDM, Keuangan dan Administrasi Umum menggantikan Darminto MBA. Sementara itu, Sunardji MM menjadi Warek Bidang Penelitian, Pengembangan dan Kerjasama Industri. Bidang Akademik dan Kemahasiswaan dibagi menjadi tiga direktorat yaitu, Direktorat Pendidikan, Direktorat Pengembangan Akademik, dan Direktorat Kemahasiswaan, sementara Bidang SDM (sumberdaya manusia), Keuangan dan Administrasi Umum terdiri dari empat direktorat seperti Direktorat Keuangan, Direktorat SDM, Direktorat Pengembangan Aset dan Ventura dan Direktorat Umum dan Fasilitas.

Bidang Penelitian, Pengembangan dan Kerjasama Industri meliputi tiga direktorat yang terdiri atas Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Direktorat Kemitraan dan Inkubator Bisnis dan Direktorat Alumni. Gumilar mengatakan, para pejabat yang baru dilantik ini diharapkan dapat mempercepat perubahan UI dalam meningkatkan ranking World Class University.

Pada 2006, UI menduduki ranking 250 dari 520 perguruan tinggi di dunia berdasarkan World University Rankings yang dibuat Times Higher Education Supplement (THES) dan QS (suatu lembaga internasional yang membuat peringkat-peringkat tingkat dunia pada bidang Pendidikan).

UI Bentuk "Zaken Kabinet" Copyright Antara News 2007, Penulis Heru, November 2007.

Berita Terhangat