Berita Terkini, Kriminal, Dunia dalam Berita, Info Bola, Kesehatan, Politik, Warta Hari Ini, Terbaru, Politik Terbaru, Olahraga, Ekonomi, Budaya, Politik Terkini

Carlos Bilardo Akan Gelar Kursus Kepelatihan di Jakarta Jakarta

Carlos Bilardo Akan Gelar Kursus Kepelatihan di Jakarta Jakarta. Peserta kursus kepelatihan ini adalah para pelatih dan manajer tim dari klub-klub partisipan Liga Indonesia musim 2008, khususnya dari Liga Super hingga Divisi I. Carlos Bilardo, mantan pemain Tim Nasional (Timnas) Argentina yang kemudian menjadi pelatih, akan memberikan kursus kepelatihan sepakbola pada 1 hingga 3 April 2008 di Jakarta.

Peserta sendiri akan dibatasi 100 orang. Muhammad Zein, Ketua Badan Pelatihan Sepak bola Indonesia (BPSI) PSSI kepada wartawan di Jakarta, Kamis k(13/3) menyatakan materi kursus akan fokus pada kepelatihan dan manajerial klub.

Zein menyatakan bahwa, inisiatif menggelar kursus kepelatihan dan manajerial oleh Carlos Bilardo ini digagas Luis Lestina, pimpinan agensi Red White yang bekerjasama dengan FIFA. Kerjasama dengan FIFA dalam menghadirkan Carlos Bilardo ke Indonesia disambut baik oleh FIFA karena mantan pelatih Timnas Argentina itu adalah salah seorang intrukstur pelatih FIFA yang terhitung senior.

Kursus ini akan akan melakukan praktek lapangan di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakara. Bilardo sendiri dijadwalkan akan tiba di Jakarta pada 31 Maret 2008.

Sementara itu, BPSI juga akan menyelenggarakan kursus kepelatihan Lisensi A pada 15 Maret hingga 14 April mendatang di Jakarta. Kursus pelatih Lisensi "A" ini diikuti oleh 28 peserta, termasuk empat pelatih yang sebelumnya sudah memperoleh Lisensi "A" namun memutuskan untuk mengikuti tes ulang.

Keempat pelatih yang melakukan tes ulang yakni Suimin Diharja, Gusnul Yakin, Dananjaya, dan Rochanda. Sebenarnya mereka sudah pernah mengikuti kursus kepelatihan Lisensi A tahun 2000 di Jakarta, namun hanya lulus bersyarat. Suimin Diharja dkk sebelumnya juga sudah mengikuti kursus Lisensi "B" AFC pada 1998 di Jakarta.

Sementara itu, sebagian besar dari ke-24 peserta kursus Lisensi "A" AFC tahun 2008 lainnya masih menyandang sertifikat "B" AFC yang didapat dari kursus tahun 2006 di Yogyakarta dan Batu, Malang. Sebagian besar dari ke-24 peserta ini rata-rata sudah menyandang jabatan pelatih di tim Super Liga pada kompetisi Liga Indonesia 2008, atau Divisi Utama dan Divisi I. Diantara mereka adalah M.Basri, Herry Kiswanto, Jaya Hartono, Freddy Mulli, Riono Asnan dan Edward Tjong. Kursus Lisensi A AFC ini juga diikuti oleh seorang peserta dari luar negeri, yakni Joseph Wilson Samuel. (*)

Carlos Bilardo Akan Gelar Kursus Kepelatihan di Jakarta Copyright Antara News 2008, Penulis Priyambodo RH, Maret 2008.

Berita Terhangat