Berita Terkini, Kriminal, Dunia dalam Berita, Info Bola, Kesehatan, Politik, Warta Hari Ini, Terbaru, Politik Terbaru, Olahraga, Ekonomi, Budaya, Politik Terkini

Edwards Rebut Start Terdepan Moto-GP di Inggris Donington Park, Inggris

Edwards Rebut Start Terdepan Moto-GP di Inggris Donington Park, Inggris. Pria asal Texas itu, yang masih mencari kemenangan pertamanya di MotoGP, menyelesaikan satu putaran sirkuit Donington dalam waktu satu menit 28,531 detik, unggul 0,146 detik atas Rossi. Pembalap Amerika Serikat (AS), Colin Edwards, merebut posisi start terdepan dengan melibas rekan setimnya Valentino Rossi pada detik-detik akhir kualifikasi MotoGP Grand Prix Inggris, Sabtu

Sementara pemimpin klasemen sementara asal Australia Casey Stoner, yang memacu Ducati, harus puas di tempat kelima. Pembalap Honda asal Spanyol Dani Pedrosa melengkapi baris depan sementara juara dunia bertahan dari AS Nicky Hayden berada di posisi keempat.

Selain harus menampilkan yang terbaik untuk bisa merebut kemenangan pertamanya di kelas MotoGP, Edwards juga harus bisa mematahkan "kutukan" yang menimpa pembalap yang start terdepan musim ini. Sepanjang musim ini belum ada pembalap yang start terdepan bisa menjadi juara pada akhir perlombaan. Tiga kemenangan Stoner didapat justru saat ia start dari posisi keempat. Edwards sendiri hanya finish ke-12 ketika menempati start terdepan di Prancis bulan lalu.

Di kelas 125 cc, pembalap Italia Mattia Pasini merebut start terdepan untuk kelimakalinya dalam delapan balapan musim ini. Akan tetapi pembalap Aprilia itu harus membuktikan bahwa ia bukan hanya jago kualifikasi setelah baru dua kali finish sepanjang musim. Pemimpin klasemen Gabor Talmacsi dari Hungaria menyelesaikan kualifikasi dengan menempati posisi keempat sementara pembalap harapan Inggris yang baru berusia 16 tahun Bradley Smith tertatih meninggalkan arena setelah terlempar dari Honda yang dipacunya.

Akan tetapi Smith, yang finish ketiga di Prancis membuatnya menjadi pembalap Inggris termuda yang naik podium dalam 58 tahun sejarah grand prix, tetap mengikuti lomba dan akan start dari posisi kesembilan, demikian Reuters. Berikut ini hasil kualifikasi MotoGP di sirkuit Donington, Sabtu:

1. Colin Edwards (A.S.) Yamaha 1:28.531
2. Valentino Rossi (Italia) Yamaha 1:28.677
3. Dani Pedrosa (Spanyol) Honda 1:28.863
4. Nicky Hayden (A.S.) Honda 1:29.025
5. Casey Stoner (Australia) Ducati 1:29.061
6. John Hopkins (A.S.) Suzuki 1:29.073
7. Carlos Checa (Spanyol) Honda 1:29.281
8. Randy de Puniet (Prancis) Kawasaki 1:29.415
9. Marco Melandri (Italia) Honda 1:29.498
10. Toni Elias (Spanyol) Honda 1:29.711 (*)

Edwards Rebut Start Terdepan Moto-GP di Inggris Copyright Antara News 2007, Penulis Priyambodo RH, Juni 2007.

Berita Terhangat